Soto Betawi Nuansa Jawa




Oleh Adji Subela

       Alangkah nikmatnya pada hari-hari berhujan semacam ini kita menyantap seporsi soto Betawi. Soto jenis ini mengandung sejumlah rempah-rempah yang dapat menghangatkan badan seperti lada, cengkih, kayumanis dan sebagainya.
       Guna memberi aksen gurihnya soto Betawi menggunakan santan, akan tetapi sebagian orang memakai susu. Ada pun bahan utamanya umumnya daging kambing, tapi ada juga yang memakai daging sapi. Sangat jarang yang mencoba menggunakan ayam. Taburan di atasnya berupa bawang goreng serta irisan daun bawang.
       Akan tetapi hasil masakannya tergantung siapa yang memasak dengan latar belakang asal-usulnya. Di Jalan Ciputat Raya di ujung jalan layang, Anda bisa mendapatkan soto Betawi daging sapi yang memiliki nuansa opor Jawa. Bumbu terasa lembut, dan bernuansa agak manis. Secara umum bumbunya tercampur bagus sehingga masing-masing komponen tidak menonjol. Bagi penyuka soto Betawi tapi kurang suka gigitan bumbu, barangkali ini dapat jadi pilihan. Disajikan dalam mangkok yang agak besar, soto Betawi ini tampil agak bergaya cafe.
       Warung sop iga dan tulang serta soto Betawi Bu Murti ini cukup laris sebab letaknya gampang dicapai dan banyak kantor di sekitarnya.
       Guna menemani santapan, disediakan beberapa jenis krupuk seperti krupuk kulit, krupuk ikan Bangka, rempeyek, dan sebagainya.

Soto Betawi Nuansa Jawa

Soto Betawi Nuansa Jawa ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar