Sop Daging Bener!



Oleh Adji Subela

       Kerap kali kita kesal mendapati sop yang kita pesan berisi lebih banyak tulang dibandingkan dagingnya, baik itu sop ayam, kambing, maupun sapi.
Tapi sop sapi di warung Betawi Berkah di Jl. Jeruk Purut, Cilandak, dijamin daging melulu, tak ada tulangnya dan bahkan sedikit sekali mengandung lemak. Maka tidak mengherankan pada jam-jam makan siang warung yang didirikan oleh Haji Husni (almarhum) sejak tahun 1969-an ini dipenuhi pelanggan.
      Rasa sopnya sebenarnya tidak berbeda dengan sop buatan rumahan. Sop berkuah bening, dengan isian daging berukuran lumayan besar-besar, ditaburi irisan daun bawang dan seledri. Tapi dengan tampilan daging tanpa tulang saja, sudah menarik selera. Barangkali itu khasnya warung Berkah. Tentu saja harganya lebih mahal sedikit ketimbang “sop tulang”, yaitu Rp.30.000,- tanpa nasi per Januari 2012.
       Sop disajikan dengan pilihan lauk perkedel, tempe atau tahu goreng.
Kelebihan lain yang jarang dimiliki warung tradisonal kita adalah kecepatannya dalam melayani pembeli, baik untuk dimakan di tempat maupun untuk dibawa pulang. Mereka nampaknya berpengalaman melayani banyak orang dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Sebenarnya warung Berkah menyajikan masakan Betawi lain seperti pepes ikan dan sebagainya namun sopnyalah yang menjadi unggulan dan laris manis.
       Warung ini semula berada di depan gedung sekolah Japan International School, Cilandak. Sekitar tahun 1976 warung Berkah pindah ke ujung Jalan Jeruk Purut hingga sekarang. Warung buka dari pukul 08.00 hingga 20.00. Mereka sengaja buka pagi-pagi hari untuk melayani pembeli yang ingin bersarapan. Sayangnya warung terlalu dekat ke jalan sehingga menyulitkan pelanggan bermobil. Namun pelanggan dapat memarkir mobilnya di tempat agak jauh dari warung.

Sop Daging Bener!

Sop Daging Bener! ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar