Shalimar bertahan 90 tahun


Nostalgia
Shalimar versi ringan eau de toillette


           Namanya indah seharum wangi parfumnya, yaitu Shalimar, Rumah Cinta. Parfum ini memiliki aroma ketimuran kental dan bertahan sejak 90 tahun silam. Shalimar diciptakan pada tahun 1921 oleh Jacques Guerlain, pembuat wewangian tersohor asal Prancis Selatan yang kemudian membangun industri parfumnya di Paris. Banyak tokoh dunia memakai parfum ini, termasuk Presiden Pertama kita, Ir. Sukarno.
          Sebenarnya Shalimar diperuntukkan bagi kaum perempuan, tetapi di kala itu belum ada pemisahan tegas peruntukan minyak wangi, hingga pria pun ikut memakainya. Guerlain terinspirasi oleh keindahan Taman Shalimar yang dibangun di Lahore (sekarang berada di wilayah Pakistan) oleh Syah Jehan untuk permaisurinya, Mumtaz, selain monumen Taj Mahal yang terkenal itu. Guerlain mendambakan parfum yang beraroma antik bunga-bungaan dan kayu-kayuan bernuansa ketimuran.
          Dikisahkan pada tahun 1921 itu, ia tengah meneliti bau vanili dan tanpa sengaja menumpahkannya di dekat ramuan lain yang berisi bibit minyak bergamot, melati, mawar, dan lain-lainnya. Efeknya mengejutkannya. Maka ia pun membuat ramuan itu. Pada tahun 1925, Shalimar diluncurkan lagi dengan botol rancangan Raymond Guerlain dan dibuat di Baccarat.
Tahun 1985 guna memperingati 60 tahun peluncurannya, Shalimar dikemas kembali. Kini Shalimar dipasarkan dalam bentuk ekstrak, eau de parfum, eau de toilete, eau de cologne dan fleur de Shalimar.
           Putra sulung Bung Karno, Guntur Sukarnoputra, punya pengalaman unik. Dalam bukunya Bung Karno, ayahku, temanku dan guruku, ia memakai Shalimar sisa milik ayahnya. Dalam satu pertemuan ia didekati seorang tante yang langsung menebak: “Ini parfum Shalimar Bapak ya?”
           Nampaknya si tante memiliki kenangan tersendiri tentang Bung Karno. Hingga kini Shalimar yang antik itu masih beredar di konter-konter Guerlain tertentu, di tengah berbagai parfum “modern” yang memasuki pasaran. Ia memiliki tempat tersendiri, karena nuansa bunga dan kekayuan Timur yang eksotis.

Shalimar bertahan 90 tahun

Shalimar bertahan 90 tahun ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar