Langsung ke konten utama

Bang Ali Gagas Pemugaran Kota




Bang Ali (tengah) sedang inspeksi pemugaran didampingi Kepala Kantor Pemugaran Jakarta Kota Ir. W.P. Zhong (kanan kemeja putih berkacamata). (Foto W.P. Zhong)



  • Pemugaran meliputi tiga gedung dan kawasan Kota Lama
  • Pemugaran kota pertama di Asia Tenggara

Oleh Adji Subela

           Seandainya Bang Ali masih ada, ia tentu bangga melihat Museum Sejarah Jakarta (sering disebut pula Museum Fatahillah), Taman Fatahillah serta lingkungannya di Kota Lama Jakarta. Daerah ini sangat hidup siang maupun malam, kian banyak kelompok pencinta sejarah dan museum yang meramaikan daerah peninggalan VOC tersebut. Yang lebih membanggakan, mereka kebanyakan dari generasi muda.
           Tak hanya itu. Para wisatawan asing sering tidak melewatkan kesempatan mengunjungi Museum Sejarah Jakarta (MSJ) dan sekitarnya hingga ke Pasar Ikan dengan Museum Baharinya. Kelihatannya wisatawan mancanegara (wisman) menjadikan kunjungan ke Kota Lama sebagai keharusan, selagi minat mereka ke obyek wisata lainnya di ibukota sekarang terasa berkurang. Wisatawan domestik dari luar kota banyak yang mengunjungi obyek wisata sejarah ini pula, memakai bus-bus, terutama sekali pada saat liburan.
Maka tujuan Bang Ali untuk memugar kawasan itu k.l. 40 tahun lalu untuk menarik wisatawan terbukti. Bukan hanya itu. Pemugaran Kota Lama Jakarta itu menjadi pemugaran pertama satu kawasan kota di Asia Tenggara. Singapura dan Malaysia belajar banyak dari pengalaman Jakarta waktu itu.

Gagasan Bang Ali
            Banyak orang tidak tahu bagaimana pemugaran Museum Sejarah Jakarta (MSJ) atau Museum Fatahillah ini dilaksanakan. Pemugaran yang meliputi gedung MSJ, dulunya Balaikota VOC (Stadhuis), gedung Museum Seni (dulu gedung Pengadilan, Raad van Justitie dan Kantor Walikota Jakarta Barat), gedung Museum Wayang (dulu Museum Jakarta yang lama) serta lingkungan Kota lama Jakarta,harus selesai dua tahun.
Museum Fatahillah ketika masih menjadi Markas Kodim 0503 Jakarta Barat (Foto: Ir. Robby Djojoseputro)
Kantor Pemugaran Jakarta dengan segala daya upaya dan kerja kerasnya berhasil menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Apa yang kita lihat sekarang merupakan keringat dan daya upaya para pejabat DKI yang berkaitan, tim pemugaran dan Gubernur Ali Sadikin.
Itu semua merupakan buah manis dari gagasan Gubernur DKI Jakarta Letjen (Mar) Ali Sadikin yang menjabat dari 1966 hingga 1977. Gubernur yang terkenal cerdas, sigap, berani, bertanggung jawab dan memiliki visi ke depan yang jauh ini mendapatkan idenya ketika masih menjadi Menteri Perhubungan berpangkat Brigadir Jenderal di tahun 1964. Ia mengunjungi Warsawa, Polandia, Belanda dan Amerika Serikat. Di negeri-negeri itu ia terkesan dengan kepiawaian orang sana dalam melestarikan benda-benda cagar budaya (BCB).
Di Warsawa, Polandia, ia terkesan saat mendapat penjelasan bahwa kota itu hampir seluruhnya dibangun kembali sesuai aslinya setelah habis dibombardir selama PD II. Selain menyangkut masalah sejarah, ternyata juga menarik wisatawan mancanegara.
Di AS ia pun terkesan dengan kota Wlliamsburg yang dibangun kembali seluruhnya pada awal Abad Ke-20 lalu.
Ketika dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 28 April 1966 oleh Presiden Sukarno, Bang Ali mendapat tugas berat. Ia dipilih oleh Presiden I RI itu karena berlatarbelakang TNI AL yang menguasai masalah kelautan sehingga cocok untuk Jakarta yang kota pelabuhan. Selain itu Ali Sadikin dinilai memiliki sifat een beetje koppigheid alias sedikit keras kepala.
Bang Ali ditugasi untuk mendandani Jakarta sehingga pantas sebagai ibukota Indonesia. Jakarta harus punya penampilan fisik yang waardig (berharga), perintah Bung Karno. Orang tidak hanya hidup dari roti, tapi juga perlu punya kebanggaan nasional.
Setelah menjabat beberapa waktu Bang Ali menemukan, para wisatawan asing menjadikan Jakarta sekedar tempat melintas, tak mau menginap, sebab mereka memilih langsung ke Jawa Tengah, Yogyakarta atau Bali yang memiliki atraksi budaya lebih banyak.
Jakarta harus memiliki daerah yang menarik wisman karena tak punya candi, tak punya keraton. Oleh karena itu Bang Ali berniat membangun daerah penarik wisatawan asing (terutama) hingga mereka mau tinggal lama di Jakarta. Dengan demikian, ibukota dapat menerima uang lebih banyak dari pelancong itu.

Pucuk di cita ulam tiba
Pada pertengahan tahun 1969, ada seorang pakar keramik dan kerajinan dari United Nations Development Programme (UNDP) yang bekerja untuk Dep. Perindustrian guna mengembangkan kerajinan a.l. di Toserba Sarinah, namanya Sergio Dello Strologo. Pria Amerika kelahiran Italia ini memiliki pengalaman memugar Devon House di Jamaica. Ia terkejut setelah diantar seorang stafnya yaitu Soedarmadji Jean Henry (Adji) Damais, bahwa Jakarta memiliki gedung-gedung peninggalan VOC yang masih utuh, demikian juga lingkungannya.
Musem Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) selesai dipugar 1974 dan menanti diresmikan Bang Ali dan menerima tamu PATA. (Foto: Ir. Indro Kusumowardono)
Ia mengajukan proposal kepada Bang Ali secara komplet untuk memugar wilayah itu sehingga dapat menjadi obyek wisata untuk Jakarta. Bang Ali yang memang memiliki niat untuk itu sejak lama, langsung menyetujui rencana orang UNDP tersebut seketika itu juga. Banyak stafnya yang terkaget-kaget, kenapa Bang Ali begitu cepat mengambil keputusan.. Gubernur Jakarta itu minta pemugaran harus selesai April 1974 bertepatan dengan konperensi PATA di Jakarta.
Tugas berat itu selesai dalam tempo dua tahun setelah melalui masa persiapan selama dua tahun lebih, dan pesta penyambutan peserta PATA diadakan di Museum Sejarah Jakarta sekarang ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minyak Srimpi

          Pada era 50-an tak banyak produk minyak wangi yang beredar di pasaran, terutama yang harganya terjangkau oleh mereka. Oleh karena itu, minyak pengharum badan itu banyak diproduksi perusahaan-perusahaan kecil guna memenuhi kebutuhan pasar akan pengharum. Oleh karena formulanya sederhana dan memakai bahan-bahan atau bibit minyak wangi yang terjangkau, maka dapat dikatakan hampir semua minyak wangi yang beredar waktu itu baunya nyaris seragam.           Satu merk yang popular pada saat itu, dan ternyata masih eksis hingga sekarang adalah minyak wangi cap Srimpi. Minyak ini dikemas dalam botol kaca kecil berukuran 14,5 ml, dengan cap gambar penari srimpi, berlatar belakang warna kuning.           Pada masa itu minyak Srimpi dipakai oleh pria maupun perempuan klas menengah di daerah-daerah. Baunya ringan, segar, minimalis, belum memakai formula yang canggih-canggih seperti halnya minyak wangi jaman sekarang.            Ketika jaman terus melaju, maka produk-produk

Pak RT ogah lagu Barat

                          Sudah lama Pak RT yang di serial Bajaj Bajuri selalu berpenampilan serba rapi, rada genit dan sedikit munafik tapi takut istri ini tak nampak dari layar kaca TV nasional. Sejak serial Bajaj Bajuri yang ditayangkan TransTV berhenti tayang, Pak RT yang bernama asli H. Sudarmin Iswantoro ini tidak muncul dalam serial panjang. Walaupun begitu ia masih sering nongol di layar kaca dengan peran yang nyaris tetap yaitu Ketua RT, Ketua RW, guru atau ustadz.             Di luar perannya sebagai Pak RT tempat si Bajuri (Mat Solar), dengan istrinya si Oneng (Rike Diah Pitaloka)   dan mertuanya yang judes plus licik (Hj. Nani Wijaya) berdomisili, H. Darmin (panggilannya sehari-hari yang resmi sedangkan merk-nya yang lain tentu saja “Pak RT”) adalah pria yang berpembawaan santun dan halus.             Barangkali pembawaannya itu dilatarbelakangi oleh pendidikannya sebagai seorang guru. Mengajar merupakan cita-citanya sejak kecil. Sebagai anak kelima

Nasi Goreng Madura di Pontianak

                Kurang dari dua tahun lalu, Imansyah bersama istrinya Siti Hamidah dan dua anaknya merantau ke Pontianak, Kalbar, dari kampung halamannya di Bangkalan, Madura. Di kota muara Sungai Kapuas ini mereka tinggal di rumah seorang kerabatnya yang mengusahakan rumah makan nasi goreng (Nas-Gor) di Sui Jawi. Pasangan ini belajar memasak nasi goreng khas Madura. Akhirnya setelah memahami segala seluk-beluk memasak nasi goreng, ditambah pengalamannya berdagang di kampungnya dulu, Imansyah dan istrinya membuka rumah makan nasi gorengnya sendiri, diberi nama Rumah Makan Siti Pariha di Jalan S. A. Rahman.   Di sini mereka mempekerjakan dua orang gadis kerabatnya guna melayani langganannya. RM Siti Pariha menarik pembelinya dengan mencantumkan kalimat: Cabang Sui Jawi. Rumah makan yang terletak berderet dengan rumah makan khas masakan Melayu serta sate ayam Jawa ini buka dari pukul 16.00 petang hingga pukul 23.00 atau hingga dagangannya ludes. Setiap hari RM Siti Par