Bu Yanti 11 Tahun Jadi Sopir Bis Malam

Oleh Adji Subela


Bu Yanti sedang bertugas. Tenang, tapi tegas.
- Demi tiga putranya

            Badan pengemudi bis malam jurusan Wonogiri-Jakarta itu tegap dan suaranya mantap, tegas. Sudah 11 tahun ia menjelajahi rute itu. Tanpa lelah dan nyaris tanpa istirahat pula. Dia termasuk pengemudi yang rajin. Bahkan selama musim mudik Lebaran Iedul Fitri, di mana beban penumpang mencapai puncaknya, ia jadi andalan Perusahaan Otobis Gajah Mungkur, yang berkantor pusat di Ngadirojo, Wonogiri, Jateng.
Jangan salah, dia seorang ibu tiga putra! Bu Yanti memiliki pembawaan ceria dan bersemangat, tak pernah merasa minder dengan rekan-rekan sekerjanya yang pria.
“Kenapa ibu memilih profesi yang bagi pria p
un cukup berat?” tanya saya.
“Habis gimana lagi Mas, suami saya sudah
enggak bisa apa-apa sedangkan anak-anak tengah membutuhkan biaya. Satunya mau masuk tamtama enggak jadi, enggak ada biaya, satunya lagi mau jadi pelaut di kapal pesiar juga enggak ada biaya. Satunya masih kecil,” tutur perempuan kelahiran Giribelah, Wonogiri, itu.
Dari sebab itu ia “turun gelanggang” menjadi supir bis berukuran besar dan sering jalan malam. Kenapa?
“Ya saya enggak punya keahlian lain kok mas, bisanya ya begini ini ya saya lakoni saja,” jawab Bu Yanti.
Menurut rekan-rekan kerjanya, Bu Yanti ketika suaminya masih sehat cukup berada, memiliki beberapa angkutan umum. Ketika suaminya terganggu kesehatannya, ia mulai ikut mencari nafkah. Padahal, menurut teman-temannya, Bu Yanti “masih kuat”. Nampaknya mengemudikan bis menjadi semacam hobby baginya, terbukti ia sangat berdedikasi pada tugasnya, bertanggung-jawab dan nyaris tidak pernah cuti.
Satu kado bagi para ibu menjelang Hari Ibu Desember mendatang.

Bu Yanti 11 Tahun Jadi Sopir Bis Malam

Bu Yanti 11 Tahun Jadi Sopir Bis Malam ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

1 komentar: