Tiang kayu penopang kota Batavia






















                Betapa megahnya gedung-gedung kuno peninggalan Kompeni Belanda di daerah Kota Tua Jakarta, ternyata bangunan-bangunan itu “hanya” ditopang oleh sejumlah tiang kayu (cerucuk).
                Cerucuk itu terbuat dari kayu jati tua dengan berbagai ukuran, yang ujungnya dipotong menajam seperti pensil, kemudian ditancapkan ke tanah. Ada kira-kira 10 hingga 15 batang kayu per meter persegi. Di atas cerucuk itu kemudian dibuat landasan kayu lagi dan dari sinilah gedung-gedung bergaya Eropa itu dibangun.
Foto paling atas Kepala Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jaya, Drs. Chandrian Attahiyat menunjukkan kayu cerucuk yang sudah "membatu". Foto bawah (lihat bagian kanan) adalah cerucuk yang masih nampak kejataman potongannya.
                Begitu lihainya orang-orang jaman itu untuk mengakali alam, hingga sampai sekarang pun para arsitek dan ahli teknik sipil mengaguminya dan justru banyak belajar pada kearifan lokal yang digunakan dua ratus tahun lalu. Pada masa itu belum ada semen portland seperti yang kita pakai sekarang ini. Para ahli teknik bangunan pada masa itu nampaknya sadar betul akan kondisi tanah kota Batavia (Jakarta) yang sebagian besar lunak, berlumpur. Tiang-tiang kayu itu rata-rata berkepanjangan 5 (lima) meteran. Ketika ditancapkan ke tanah dan terendam air selama ratusan tahun, cerucuk-cerucuk itu berubah menjadi semacam tiang besi yang sangat keras dan kuat.
                Cerucuk demikian ini ditemukan dalam jumlah banyak ketika Pemprov DKI menggali taman di depan Stasiun Kota (Beos) untuk dijadikan terminal akhir busway Blok M-Kota. Cerucuk itu demikian kuatnya sehingga ketika Dr. Ing. Josia Rastandi dari Fak. Teknik UI mencoba menggeser tiang tersebut memakai alat kempa berkekuatan 1,5 ton, cerucuk itu tetap diam di tempat sedangkan besi alat pendorong itu malah melengkung, kalah kuat.
                Sebagian cerucuk yang ditemukan itu kini disimpan di Balai Konservasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta.

               

Tiang kayu penopang kota Batavia

Tiang kayu penopang kota Batavia ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar