Pak RT ogah lagu Barat





             
            Sudah lama Pak RT yang di serial Bajaj Bajuri selalu berpenampilan serba rapi, rada genit dan sedikit munafik tapi takut istri ini tak nampak dari layar kaca TV nasional. Sejak serial Bajaj Bajuri yang ditayangkan TransTV berhenti tayang, Pak RT yang bernama asli H. Sudarmin Iswantoro ini tidak muncul dalam serial panjang. Walaupun begitu ia masih sering nongol di layar kaca dengan peran yang nyaris tetap yaitu Ketua RT, Ketua RW, guru atau ustadz.
            Di luar perannya sebagai Pak RT tempat si Bajuri (Mat Solar), dengan istrinya si Oneng (Rike Diah Pitaloka)  dan mertuanya yang judes plus licik (Hj. Nani Wijaya) berdomisili, H. Darmin (panggilannya sehari-hari yang resmi sedangkan merk-nya yang lain tentu saja “Pak RT”) adalah pria yang berpembawaan santun dan halus.
            Barangkali pembawaannya itu dilatarbelakangi oleh pendidikannya sebagai seorang guru. Mengajar merupakan cita-citanya sejak kecil. Sebagai anak kelima dari enam bersaudara, Darmin muda tidak pernah bermimpi menjadi artis. Pria kelahiran Boyolali, Jateng, tahun 1946 ini menyebut, keterlibatannya di bidang seni sebagai “nyemplung” begitu saja.
            “Saya betul-betul tidak menyangka menjadi seniman seperti sekarang ini,” tuturnya kepada JURNAL BELLA. Di samping bermain di sinetron, H. Darmin sehari-hari aktif mengelola grup seniman yang diberi nama Starlet Group. Ayah tiga anak dan kakek dari delapan cucu ini laris menjadi pembaca acara (MC) di acara perkawinan, menjadi cucuk lampah, dalang pengantin serta beksan. Di samping itu ia juga memiliki kelompok campursari, kasidah, dll. Boleh dikatakan pada hari Sabtu dan Minggu, H. Darmin sibuk dengan kegiatannya itu. Sebagai orang Jawa yang gemar menari dan menyanyi, gerakannya halus dan lembut. Di samping itu suaranya juga bagus.
“Saya mampu membawakan berjenis-jenis lagu, tapi hanya satu yang sama sekali tidak bisa yaitu lagu Barat,” katanya. Hal itu sebagai akibat larangan pemerintah di era Bung Karno yang melarang lagu-lagu Barat diperdengarkan, yang disebut sebagai lagi ngak-ngik-ngok pada waktu itu. Sebagai remaja kala itu, ia sebenarnya ingin belajar lagu-lagu Barat, tapi takut karena larangan tersebut. Maka hingga kini Pak RT tak bisa menyanyikan lagu-lagu Barat. Ya sudah, campur sari, keroncong, dangdut atau pop saja.

Pak RT ogah lagu Barat

Pak RT ogah lagu Barat ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers
Ayo berkomentar dengan baik!
Komentar menggunakan sistem moderasi. Gunakan nama asli / alias untuk berkomentar, bukan judul post atau nama produk. Komentar dengan link mengarah ke post / produk mungkin tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar